Langsung ke konten utama

Keadaan Literasi Media dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Keadaan Literasi Media di Dunia Pendidikan Indonesia

Literasi media merupakan kemampuan dalam memahami, mengolah, menggunakan dan mengevaluasi media dalam kehidupan sehari - hari yang menjadi sebuah struktur pembelajaran. Penjelasan tentang struktur pembelajaran ini berguna untuk mengetahui elemen-elemen yang termasuk dalam struktur pendidikan, yang menjadi salah satu pembelajaran penting yang terdapat dalam penyusunan kurikulum acara pendidikan literasi media. Meskipun masih sedikit sekolah yang mengajarkan literasi media, namun sekolah bukanlah pelaku utama dalam melaksanakan program literasi media.

Cara yang digunakan yaitu metode implementasi seperti seminar, diskusi, public speaking, dan kampanye merupakan cara sederhana dan mudah. Namun, strategi untuk mempromosikan kegiatan literasi media memiliki banyak masalah terkait dengan efektivitas kegiatan. Hal ini disebabkan oleh banyak materi yang harus dikomunikasikan dalam literasi media terkait dengan tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, jika hanya satu kegiatan literasi media seperti yang selama ini kita lakukan, tentunya tidak akan cukup bagi para peserta didik sehingga merugikan proses literasi media di Indonesia dalam jangka panjang. Hal ini diperkuat dengan adanya ketakutan bahwa hasilnya tidak akan efektif dan media akan kehilangan arti pentingnya literasi itu sendiri.

Kegiatan yang ideal dalam literasi media dapat diterapkan di ruang kelas sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan menerapkan literasi media, nantinya akan memastikan kelangsungan strategi dan operasi sistematis serta hasil yang ternilai pada pembelajaran. Oleh karena itu, perlunya dilaksanakan pengalaman literasi media yang diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Model yang paling relevan dengan kegiatan literasi media di sekolah adalah model advokasi di tingkat TK dan SD serta model pemberdayaan di tingkat sekolah menengah.

Daftar Pustaka :

Budiharto, T. S. (2018). LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCIPTAAN . Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 153-166.

Guntarto, B. (2016). Tantangan dalam Kegiatan Literasi Media di Indonesia. Tantangan dalam Kegiatan Literasi Media di Indonesia, Vol. 8 No. 1.

 

Komentar